Biaya Iklan Instagram: Cara Mengaturnya & Menekan Biaya
Biaya Iklan Instagram: Cara Mengaturnya & Menekan Biaya

Baik Anda sedang membangun bisnis pertama Anda atau menjalankannya selama bertahun-tahun, iklan media sosial dapat menjadi dorongan kuat untuk strategi pemasaran Anda. Jika Anda baru menjalankan iklan Instagram, memahami cara mengelola iklan Anda sangat penting untuk kampanye yang sukses.

Iklan Instagram dapat meningkatkan kesadaran merek dan penjualan online Anda sambil mempromosikan produk dan lini utama tertentu. Inilah yang perlu Anda ketahui tentang membuat sendiri:

Iklan media sosial melibatkan penggunaan media sosial sebagai saluran pemasaran. Anda menempatkan iklan produk atau merek di saluran media sosial, seperti Facebook, Instagram, Twitter, Youtube, Tik Tok, Snapchat, dan banyak lagi.

Anda dapat menjalankan iklan untuk mencapai berbagai sasaran, termasuk:

  • Mencapai
  • Konversi
  • Suka

Apa Perbedaan Antara Iklan Facebook dan Instagram?

Kebanyakan orang tahu tentang Iklan Facebook, jaringan iklan untuk Facebook, dan situs yang dimilikinya. Meskipun iklan Facebook sangat membantu, ada saluran iklan media sosial lain yang harus Anda pertimbangkan, termasuk Instagram.

Pengaturan Iklan

Anda bahkan tidak memerlukan akun Instagram untuk beriklan di platform karena Facebook juga memiliki Instagram. Facebook memungkinkan Anda mengatur iklan Instagram Anda dengan Pengelola Iklan Facebook.

Pengelola Iklan memungkinkan Anda mengirim lalu lintas apa pun ke situs web Anda alih-alih aplikasi atau toko Instagram. Anda dapat melacak iklan Instagram Anda melalui Instagram Insights langsung di aplikasi; ini seringkali lebih mudah daripada memeriksa Pengelola Iklan Facebook di desktop Anda.

Pengguna

Sementara demografi pengguna Facebook adalah usia yang lebih tua, Instagram telah menjadi salah satu platform media sosial terkemuka yang digunakan oleh Gen Z.

Sebuah studi Statista menunjukkan bahwa lebih dari setengah pengguna global Instagram berusia 34 tahun ke bawah, menjadikannya platform yang sempurna untuk menemukan dan memulai tren.

Konsumsi

Facebook cenderung menjadi platform untuk teks yang lebih panjang dan demografi yang lebih tua, sehingga penggunanya cenderung membutuhkan lebih banyak waktu ketika mempertimbangkan pembelian.

Instagram, bagaimanapun, adalah platform yang lebih cepat, lebih muda, dan pengguna lebih cenderung membeli dengan cepat jika mereka melihat fotografi yang mengesankan, influencer favorit, atau posting yang menarik.

Apa Itu Iklan Instagram?

Awal tahun ini, kami melaporkan bahwa Instagram adalah salah satu jejaring sosial terbesar di dunia, dengan 1 miliar pengguna aktif bulanan. Menjalankan iklan ke audiens yang luas dan terikat ini dapat menguntungkan bagi bisnis Anda.

Iklan Instagram dapat terlihat seperti postingan Instagram biasa dan muncul di umpan atau cerita pengguna. Instagram menunjukkan setiap iklan dengan judul atau tag “Bersponsor”.

Jenis Iklan Instagram

Posting Bersponsor

Posting bersponsor adalah cara umum untuk beriklan di Instagram. Iklan ini muncul di beranda pengguna dengan gambar, teks singkat, dan tautan langsung.

Postingan sponsor akan muncul di feed sebagai postingan, seperti contoh dari Fuze Tea France ini:

Iklan Cerita

Seperti Facebook, Instagram memungkinkan Anda memposting iklan di umpan utama dan di cerita Anda. Iklan apa pun yang Anda buat di story Anda akan hilang setelah 24 jam, tetapi iklan tersebut dapat menampilkan tautan geser ke atas ke situs web atau toko Instagram Anda jika Anda memiliki 10.000 pengikut atau lebih.

gulungan

Gulungan adalah fitur yang relatif baru tetapi sudah menjadi aset pemasaran yang hebat. Instagram sekarang telah mengizinkan bisnis untuk mempromosikan iklan berbayar di Instagram Reels.

Instagram membatasi video yang diposting ke umpan utama dalam satu menit. Gulungan adalah video yang lebih panjang yang dapat Anda poskan ke cerita atau umpan utama Anda. Anda dapat menelusuri ribuan Gulungan langsung di aplikasi.

Mulai Mei 2021, Anda sekarang dapat melihat Reel iklan 30 detik saat menjelajah. Jika Anda membuat Reel iklan, Anda memiliki cara praktis untuk menjangkau pengguna baru dan dapat melacak tingkat keterlibatan Reel Anda.

Berikut contoh iklan Reel by Dunkin Donuts:

Perbedaan Antara Iklan Organik dan Berbayar

Meskipun iklan di Instagram dapat terlihat mirip dengan postingan Instagram yang tidak berbayar, ada beberapa perbedaan utama di antara keduanya:

Postingan Organik

Iklan organik (atau tidak berbayar) adalah postingan media sosial yang muncul di feed utama atau Stories Anda. Mereka biasanya terlihat oleh audiens Anda yang ada dan siapa pun yang mereka bagikan konten Anda. Anda masih dapat mengarahkan pemirsa ke situs web atau toko Instagram Anda, tetapi Anda memiliki lebih sedikit kendali atas siapa yang melihat kiriman Anda.

Iklan Berbayar

Iklan berbayar, tentu saja, membutuhkan biaya untuk memposting. Tidak seperti posting organik, mereka menawarkan lebih banyak kontrol atas siapa yang melihat iklan Anda. Anda dapat menargetkan metrik demografis tertentu, seperti usia atau lokasi.

Penargetan memungkinkan Anda membuat salinan dan desain iklan yang lebih spesifik, meningkatkan kemungkinan audiens target Anda menyelesaikan penjualan dengan bisnis Anda.

Membuat Strategi Iklan Instagram Anda Sendiri

Saat membuat kampanye iklan Instagram Anda sendiri, penting untuk mempertimbangkan tiga elemen penting:

Biaya Iklan Instagram

Karena Instagram adalah platform yang jauh lebih baru dengan kumpulan data yang lebih kecil untuk ditargetkan, biaya untuk iklan Instagram biasanya lebih tinggi daripada Facebook. Saat lebih banyak data tersedia, kami mungkin melihat harga tersebut berubah.

Karena kumpulan data demografis Anda lebih kecil, iklan Instagram Anda kemungkinan akan memberikan hasil yang lebih spesifik dan bertarget, dan Anda mungkin melihat lonjakan tingkat konversi Anda.

Iklan Instagram dapat berharga mulai dari $0,20 hingga $2,00 jika menggunakan model biaya per klik (BPK). Biaya per klik berarti Anda akan ditagih setiap kali pelanggan melihat iklan Anda dan mengklik ke tujuan yang Anda tentukan.

Iklan Instagram dengan tujuan Jangkauan atau Tayangan dapat berharga sekitar $6,70 per 1.000 tayangan. Anda biasanya menggunakan iklan ini untuk kesadaran merek.

Facebook saat ini melacak sekitar $0,78 pada model BPK dan $7,19 untuk 1000 tayangan, tetapi ini sering berfluktuasi.

Idealnya, Anda ingin mulai membuat iklan Instagram sesegera mungkin sehingga Anda dapat membangun basis pelanggan yang solid sebelum biaya mulai meningkat. Saat akuisisi data Instagram, popularitas platform, dan aktivitas pengguna secara umum meningkat, kita dapat mengharapkan perubahan harga.

Strategi Penawaran

Membuat strategi penawaran memerlukan penargetan audiens tertentu yang ingin Anda jangkau dan kejelasan tentang jenis kampanye yang ingin Anda jalankan.

Tiga jenis kampanye utama yang tersedia adalah:

  • Kesadaran: Anda akan menjalankan kampanye kesadaran untuk membuat audiens mengetahui merek Anda. Anda akan membelanjakan per tayangan, jadi Anda harus mengawasi data biaya per 1000 tayangan.
  • Pertimbangan: Kampanye pertimbangan digunakan untuk mengarahkan pelanggan ke situs Anda untuk mengetahui lebih lanjut tentang suatu produk. Ini biasanya bekerja dengan baik dengan produk yang lebih mewah dan mahal, karena menarik minat audiens dan mendorong mereka untuk melakukan pembelian yang dipertimbangkan.
  • Konversi: Kampanye konversi mencoba dan mendapatkan penjualan langsung dari iklan tertentu yang dibuat. Anda akan menggunakan ini untuk produk yang sangat dicari, produk murah, atau dengan dukungan selebriti. Anda ingin pengguna membeli produk secara langsung.

Jika Anda pernah melihat postingan influencer atau selebritas tentang produk dengan tautan "Gesek ke Atas" ke halaman pembayaran, Anda telah melihat iklan konversi.

Anggaran

Seperti yang Anda ketahui, penting untuk mengawasi anggaran Anda saat menyiapkan iklan berbayar di media sosial. Jika iklan tidak diatur dengan benar, Anda dapat menghabiskan dana dengan kecepatan luar biasa dan mengurangi ROI Anda.

Anda mungkin tergoda untuk meningkatkan anggaran untuk melihat tayangan ajaib atau angka kesadaran tersebut, tetapi tetap perhatikan apa yang terjadi dalam kampanye Anda. Jika iklan tidak memberikan apa yang ingin Anda capai setelah empat atau lima hari pertama, saatnya untuk mengubah iklan Anda atau mulai lagi.

Cara Mulai Menggunakan Iklan Instagram

Bahkan jika Anda menjalankan bisnis kecil tanpa departemen pemasaran atau banyak waktu, kampanye sosial yang sukses dapat dicapai. Ada alat yang tersedia untuk membantu Anda membuat atau mengubah iklan, seperti alat Iklan Media Sosial.

Menggunakan alat untuk membuat iklan Instagram Anda membuatnya lebih mudah untuk mengembangkan dan meluncurkan iklan yang ditargetkan dan mengesankan. Antarmuka pengguna yang berbeda juga dapat membantu Anda memahami proses pembuatan iklan.

Untuk pendekatan yang lebih mendalam, coba panduan terbaru kami untuk menyiapkan iklan media sosial dengan Semrush.

Alat Periklanan Instagram

Anda harus bertujuan untuk menggunakan alat yang:

  • Siapkan iklan
  • Memantau kinerja iklan

Alat Iklan Media Sosial memandu Anda melalui penyiapan awal iklan Anda. Anda akan memutuskan tujuan kampanye mana yang akan digunakan dan menyiapkan anggaran Anda dalam alat tersebut.

Setelah membuat kampanye, Anda dapat melacak kinerjanya, termasuk anggaran yang dihabiskan:

Alat ini akan menampilkan pemberitahuan jika kinerja iklan Anda turun, sehingga Anda dapat mengubah iklan Anda seperlunya.

Fitur Laporan Kinerja menambahkan manfaat tambahan untuk alat ini. Anda dapat membuat laporan untuk setiap kampanye untuk melihat seberapa baik kinerja iklan Anda secara keseluruhan. Catat titik kuat atau lemah apa pun dalam kampanye Anda, seperti hari atau waktu iklan Anda tidak berkinerja baik. Laporan ini juga memberikan saran tentang cara meningkatkan iklan Anda:

Kesimpulan

Menggunakan alat periklanan media sosial sebenarnya dapat membantu menekan biaya saat membuat iklan Anda. Dengan atau tanpa alat, Anda harus meluangkan waktu untuk mengoptimalkan iklan, memantau anggaran, dan menargetkan pemirsa yang tepat.

Setelah pengetahuan Anda berkembang, cobalah bereksperimen dengan iklan Cerita, iklan Reel, dan iklan umpan untuk menemukan strategi yang paling cocok untuk Anda.


Source link