Bagaimana Pengaruhi Mobile-Indexing Pertama, dan Bagaimana Dampaknya terhadap SEO?


Diposting oleh bridget.randolph

Kami telah mendengar banyak tentang mobile – Pengindeksan awal belakangan ini, seiring perkembangan terbaru dalam upaya Google yang terus berlanjut untuk membuat web lebih mobile-friendly dan mencerminkan tren perilaku pengguna.

Tapi ada juga banyak kebingungan seputar apa artinya bagi rata-rata pemilik bisnis ini. Apakah kamu harus mengubah apapun? Segala sesuatu? Jika situs Anda mobile-friendly, apakah itu cukup bagus?

APAKAH INI DAPATKAN MOBILEGEDDON LAIN? !!

Dalam posting ini saya akan membahas dasar-dasar apa arti "pengindikasian mobile-first", dan apa yang mungkin perlu Anda lakukan untuk melakukannya. Saya juga akan menjawab beberapa pertanyaan umum tentang pengindeksan pertama seluler dan apa artinya upaya SEO kami.

Apa itu "pengindeksan pertama seluler"?

Pengindeksan pertama seluler adalah persis seperti apa rasanya. Ini hanya berarti bahwa versi seluler situs web Anda menjadi titik awal untuk apa yang dimasukkan Google dalam indeks mereka, dan dasar untuk menentukan peringkat mereka. Jika Anda memantau lalu lintas crawlbot ke situs Anda, Anda mungkin melihat peningkatan lalu lintas dari Googlebot Smartphone, dan versi halaman cache biasanya akan menjadi versi mobile dari halaman.
[1945994]

Ini disebut "mobile-first" karena bukan mobile- hanya index: misalnya, jika sebuah situs tidak memiliki versi mobile-friendly, situs desktop masih bisa termasuk dalam indeks. Namun, kurangnya pengalaman ramah seluler dapat berdampak negatif terhadap peringkat situs tersebut, dan situs dengan pengalaman seluler yang lebih baik berpotensi mendapatkan peningkatan peringkat bahkan bagi pencari di desktop.


[19459]

Anda mungkin juga ingin memikirkan ungkapan "mobile-first" sebagai referensi fakta bahwa t versi mobilenya akan dianggap sebagai versi utama situs web Anda. Jadi, jika versi seluler dan desktop Anda setara – misalnya jika Anda mengoptimalkan konten untuk seluler dan / atau jika Anda menggunakan desain responsif – perubahan ini harus (secara teori) tidak memiliki dampak signifikan dalam hal kinerja situs Anda di Hasil Pencarian.

Namun ini memang merupakan pembalikan mendasar dalam cara Google memikirkan konten situs web Anda dan bagaimana memprioritaskan perayapan dan indeksasi. Ingat bahwa sampai sekarang situs desktop dianggap sebagai versi utama (mirip dengan URL kanonik) dan situs seluler diperlakukan sebagai versi "alternatif" untuk kasus penggunaan tertentu. Inilah sebabnya mengapa Google mendorong webmaster dengan situs seluler terpisah (m.domain.com) untuk menerapkan tag switchboard (yang mengindikasikan adanya versi URL seluler dengan tag rel = alternate khusus). Google mungkin bahkan tidak berusaha merayapi dan menyimpan versi mobile dari semua halaman ini, karena mereka dapat dengan mudah menampilkan URL seluler tersebut kepada pencari ponsel.

Pandangan versi desktop ini sebagai yang utama sering kali berarti bahwa situs desktop akan diprioritaskan oleh tim SEO dan pemasaran dan diperlakukan sebagai versi paling komprehensif dari sebuah situs web, dengan konten lengkap, data terstruktur markup, hreflang (tag internasional), mayoritas backlink, dll; sedangkan versi mobile mungkin memiliki konten yang lebih ringan, dan / atau tidak termasuk tingkat markup dan struktur yang sama, dan hampir pasti tidak akan menerima sebagian besar tautan balik dan perhatian eksternal.

Apa yang harus saya lakukan tentang pengindeksan seluler pertama?

Hal pertama yang harus diketahui adalah bahwa tidak perlu panik. Sejauh ini perubahan ini hanya pada tahap pengujian yang paling awal, dan diluncurkan secara bertahap hanya ke situs web yang dianggap Google "siap" cukup agar perubahan ini berdampak minimal.
[1945994]

Menurut panduan sendiri panduan terbaru dari topik jika situs Anda responsif atau identik dalam versi desktop dan selulernya, Anda mungkin tidak perlu melakukan sesuatu yang berbeda (dengan asumsi Anda senang dengan rangking Anda saat ini!).

Yang mengatakan, bahkan dengan situs yang benar-benar responsif, Anda pasti ingin memastikan bahwa kecepatan dan waktu muat halaman mobile diprioritaskan dan gambar dan elemen dinamis lainnya berpotensi dioptimalkan dengan benar untuk pengalaman mobile. Perhatikan bahwa dengan pengindeksan seluler pertama, konten yang roboh atau tersembunyi di tab, dan lain-lain karena keterbatasan ruang tidak akan diperlakukan secara berbeda dari konten yang terlihat (seperti sebelumnya), karena jenis pengelolaan real estat layar sebenarnya praktik terbaik mobile

Jika Anda memiliki situs seluler terpisah, Anda pasti ingin memeriksa hal berikut:

  • Isi: pastikan versi seluler Anda memiliki semua konten berkualitas tinggi dan berharga yang ada di situs desktop Anda. Ini bisa termasuk teks, video dan gambar. Pastikan format yang digunakan pada versi seluler dapat dirayapi dan diindeks (termasuk alt-atribut untuk gambar).
  • Data terstruktur: Anda harus menyertakan markup data terstruktur yang sama pada versi seluler dan desktop situs ini. URL yang ditampilkan dalam data terstruktur pada halaman mobile harus menjadi versi mobile dari URL. Hindari menambahkan data terstruktur yang tidak perlu jika tidak relevan dengan konten halaman yang spesifik.
  • Metadata: memastikan bahwa judul dan deskripsi meta setara pada kedua versi dari semua halaman.
    • Perhatikan bahwa panduan resmi mengatakan "setara" dan bukan "identik" – Anda mungkin masih ingin mengoptimalkan judul ponsel Anda untuk jumlah karakter yang lebih pendek, namun pastikan informasi dan kata kunci yang sama disertakan.
  • Hreflang: jika Anda menggunakan rel = hreflang untuk internasionalisasi anotasi hreflang URL seluler Anda harus mengarah ke versi seluler varian negara atau bahasa Anda, dan URL desktop harus mengarah ke versi desktop.
  • Metadata sosial: Tag OpenGraph, kartu Twitter dan metadata sosial lainnya harus disertakan dalam versi mobile dan juga versi desktopnya.
  • Peta situs XML dan media: memastikan bahwa tautan ke peta situs dapat diakses dari versi seluler situs. Ini juga berlaku untuk perintah robot (robots.txt dan tag meta-robots on-page) dan bahkan berpotensi mempercayai sinyal, seperti tautan ke halaman kebijakan privasi Anda.
  • Verifikasi Search Console: jika Anda hanya memverifikasi situs desktop Anda di Google Search Console, pastikan Anda juga menambahkan dan memverifikasi versi selulernya
  • Indeks aplikasi: jika Anda memiliki pengindeksan aplikasi yang disiapkan untuk situs desktop Anda, Anda mungkin ingin memastikan bahwa Anda memiliki memverifikasi versi mobile situs terkait dengan file asosiasi aplikasi dll
  • Kapasitas server: Pastikan server host Anda dapat menangani tingkat pelarian [1945903].
    • (Ini hanya berlaku untuk situs dengan versi seluler mereka di host terpisah, seperti m.domain.com.)
  • Tag penempatan: jika saat ini Anda memiliki tag papan bergerak seluler diterapkan, Anda tidak perlu mengubah penerapan ini. Ini harus tetap sebagaimana adanya.

Pertanyaan umum tentang pengindeksan pertama seluler

Apakah pengindeksan seluler pertama menambahkan halaman mobile ke indeks mobile yang terpisah?

Dengan pengindeksan mobile pertama, hanya ada satu indeks (yang sama dengan yang digunakan Google sekarang). Perubahan pada pengindeksan seluler pertama tidak menghasilkan indeks "seluler pertama" yang baru, juga tidak menciptakan "indeks seluler" terpisah dengan indeks desktop tetap aktif. Sebagai gantinya, hanya yang mengubah bagaimana konten ditambahkan ke indeks yang ada.

Apakah indeks mobile-first hidup dan mempengaruhi situs saya sekarang? Jika tidak, kapan itu hidup?

Google telah bereksperimen dengan pendekatan ini untuk mengindeks pada sejumlah kecil situs, yang dipilih berdasarkan pada "kesiapan" yang dirasakan. Peluncuran yang lebih luas kemungkinan akan memakan waktu lama dan pada bulan Juni 2017, Gary Illyes menyatakan bahwa mungkin akan memakan waktu beberapa tahun sebelum "kita mencapai sebuah indeks yang hanya mobile-first."

Google juga telah menyatakan hal berikut di Blog Webmaster, dalam sebuah posting blog tertanggal 18 Desember 2017 :

"Kami akan mengevaluasi situs secara independen berdasarkan kesiapan mereka untuk mengindeks pertama seluler berdasarkan kriteria di atas dan mentransisikannya saat siap. Proses ini telah dimulai untuk beberapa situs dan dipantau secara ketat oleh tim pencari.

"Kami terus berhati-hati dengan meluncurkan pengindeksan pertama seluler. Kami percaya bahwa dengan lambannya ini akan membantu para webmaster mendapatkan situs mereka untuk pengguna ponsel, dan oleh karena itu, saat ini kami tidak memiliki batas waktu kapan akan selesai. "

Apakah Google hanya menggunakan ponsel saya? situs untuk menentukan rangking saya?

Mobile-pertama berarti versi mobile akan dianggap sebagai versi utama ketika menyangkut bagaimana peringkat ditentukan. Namun, mungkin ada keadaan di mana versi desktop dapat dipertimbangkan (misalnya, jika Anda tidak memiliki versi seluler dari sebuah halaman).

Dengan kata lain, Anda berpotensi melihat berbagai hasil pencarian antara hasil pencarian mobile dan hasil pencarian desktop, jadi Anda masih ingin melacak keduanya. (Dengan cara yang sama seperti saat ini, Google terutama menggunakan situs desktop untuk menentukan peringkat namun Anda masih ingin melacak peringkat ponsel karena ini berbeda dari peringkat desktop berdasarkan perilaku pengguna dan faktor lainnya).
[1945904]

Kapan Google menggunakan situs desktop untuk menentukan peringkat vs situs mobile?

Kasus penggunaan utama yang pernah saya lihat sejauh ini adalah mereka akan menggunakan situs desktop untuk menentukan peringkat saat tidak ada versi mobile.
[19459]

Ada kemungkinan bahwa untuk situs web di mana versi desktop memiliki informasi peringkat tambahan (seperti tautan balik), informasi tersebut juga dapat dipertimbangkan – namun tidak ada jaminan bahwa mereka akan merayapi atau mengindeks versi desktop satu kali mereka telah melihat versi mobile, dan saya belum melihat pernyataan resmi bahwa ini akan terjadi.

Oleh karena itu, salah satu rekomendasi resmi adalah bahwa setelah peluncuran pengindikasian pertama seluler terjadi, jika Anda sedang dalam proses membangun situs seluler Anda atau memiliki tipe mobile tipe "placeholder" yang saat ini hidup, sebenarnya lebih baik tidak memiliki situs mobile daripada yang rusak atau tidak lengkap . Dalam kasus ini, Anda harus menunggu untuk meluncurkan situs mobile Anda sampai benar-benar siap.
[1945904]

Bagaimana jika saya tidak memiliki versi mobile dari situs saya?

Jika Anda tidak memiliki versi mobile dari situs Anda dan versi desktop Anda tidak ramah mobile, konten Anda masih bisa diindeks; namun Anda mungkin tidak berperingkat juga dibandingkan dengan situs web yang mobile-friendly. Ini mungkin berdampak negatif terhadap keseluruhan peringkat Anda pada pencarian desktop dan juga hasil penelusuran seluler karena akan dianggap memiliki pengalaman pengguna yang lebih buruk daripada situs lainnya (karena perayap akan menjadi perayap "seluler").

Apa yang bisa terjadi pada situs dengan situs desktop besar dan situs seluler kecil? Akankah konten di situs desktop Anda yang tidak muncul pada versi seluler diindeks dan muncul untuk penelusuran desktop?

Tujuan akhir peluncuran ini adalah bahwa indeks akan didasarkan terutama pada merayapi konten seluler. Jika Anda memiliki versi desktop yang sangat terindeks, mereka tidak akan tiba-tiba menghapus konten desktop Anda dari indeks yang ada dan mulai segar hanya dengan situs seluler tipis Anda yang terindeks; namun semakin Anda dapat memastikan bahwa versi mobile Anda berisi semua konten yang relevan dan berharga, semakin besar kemungkinan untuk terus berprestasi dengan baik, terutama saat mereka mengurangi versi situs web desktop yang merangkak.

Bagaimana ini mengubah faktor peringkat dan strategi ke depan?

Hal ini dapat mempengaruhi berbagai faktor dan strategi peringkat di masa depan; Cindy Krum di Mobile Moxie telah menulis dua artikel [1945993] yang bagus tentang apa yang bisa terjadi di masa depan seputar topik ini.

Cindy berbicara tentang gagasan bahwa pengindeksan seluler pertama mungkin merupakan "indikasi bahwa Google menjadi kurang bergantung pada tautan tradisional dan URL HTML untuk mendapatkan peringkat." Tampaknya Google beralih dari kebutuhan untuk mengandalkan begitu banyak pada sistem "URL" untuk mengatur konten, mendukung pendekatan tipe API yang lebih berdasarkan "entitas" (terima kasih, data terstruktur!) daripada tautan gaya URL. Lihat posting Cindy untuk penjelasan lebih lanjut tentang bagaimana hal ini dapat mempengaruhi masa depan pencarian dan SEO.

Adakah perbedaan antara bagaimana situs yang responsif dan situs seluler yang terpisah akan diperlakukan?

Ya dan tidak. Perbedaan utamanya adalah dalam hal berapa banyak pekerjaan yang harus Anda lakukan untuk bersiap menghadapi perubahan ini.

Jika Anda memiliki situs yang sepenuhnya responsif, Anda seharusnya sudah memiliki semua yang ada di versi seluler Anda yang saat ini merupakan bagian dari versi desktop, dan tantangan utama Anda hanya akan memastikan bahwa pengalaman seluler dioptimalkan dengan baik dari perspektif pengguna (misalnya kecepatan halaman, waktu muat, navigasi, dll.).

Dengan situs seluler yang terpisah, Anda harus memastikan bahwa versi seluler Anda berisi semua hal yang dilakukan oleh situs desktop Anda, yang bisa menjadi banyak pekerjaan bergantung pada strategi seluler Anda sejauh ini.

Apakah ini akan mengubah bagaimana saya harus menayangkan iklan / konten / dll. di situs mobile saya?

Jika pendekatan Anda saat ini terhadap iklan menciptakan pengalaman pengguna yang lamban atau buruk, Anda pasti perlu mengatasinya.

Jika saat ini Anda memilih untuk menyembunyikan beberapa konten situs mobile Anda dalam akordeon atau tab untuk menghemat ruang, ini sebenarnya tidak menjadi masalah karena konten ini akan diperlakukan dengan cara yang sama seperti jika dimuat sepenuhnya terlihat ( asalkan kontennya masih dapat dirayapi / diakses).

Apakah ini mengubah cara saya menggunakan tag rel = canonical / switchboard?

No. Untuk saat ini, Google telah menyatakan bahwa jika Anda telah menerapkan tag switchboard, Anda harus meninggalkannya seperti .


Apakah ikhtisar ini membantu Anda merasa lebih siap untuk beralih ke pengindeksan pertama seluler? Apakah ada pertanyaan yang masih Anda miliki?

Saya ingin mendengar apa yang Anda pikirkan di komentar!
[1945904]

Daftar untuk Moz Top 10 seorang juru bahasa semim bulan yang memperbarui Anda di sepuluh berita terpanas berita, tip, dan link SEO yang ditemukan oleh tim Moz. Anggap saja itu sebagai ringkasan eksklusif Anda tentang barang yang tidak sempat Anda cari tapi ingin baca!