Alat Berkebun Budidaya Tanaman Hias
Alat Berkebun Budidaya Tanaman Hias

Alat Berkebun Apa Saja untuk Budidaya Tanaman Hias

Alat berkebun tanaman hias apa saja ya? Bingung? baca artikel untuk mencerahkan pertanyaanmu ya. Pandemi COVID-19 mendorong orang untuk menghabiskan waktu lebih banyak di rumah.

Akibatnya saat ini banyak orang yang mulai membudidayakan tanaman di rumah. Jenis tanaman yang paling populer adalah tanaman hias. Tanaman hias sangat indah dan dan perawatannya juga mudah.

Bagi yang telah memelihara tanaman hias tentu muncul dorongan untuk tak hanya berkebun sebagai hobi namun juga untuk dibudidayakan dan diperbanyak.

Namun untuk memulainya dibutuhkan beberapa alat yang digunakan untuk menunjang aktivitas budidaya tanaman hias anda. Lalu apa saja alat yang dibutuhkan untuk budidaya tanaman hias? Berikut ulasannya:

Skop

Alat berkebun Skop memiliki fungsi untuk menggali tanah dan memindahkan tanaman ke wadah baru. Skop adalah alat yang wajib untuk dimiliki saat ingin berkebun. Sekop yang bagus adalah skop yang mempunyai bahan stenles steel. Pastikan bahwa skop yang anda gunakan dibersihkan setelah dipakai. Skop juga dapat digunakan untuk menggemburkan tanah sehingga tanah menjadi semakin subur.

Gunting Tanaman

Gunting tanaman berfungsi sebagai alat pemotong dahan dan daun yang telah layu, tak dibutuhkan atau membusuk. Beberapa jenis tanaman hias harus senantiasa dipangkas dengan rutin agar dapat tumbuh secara optimal. Gunting tanaman dapat dipakai untuk merapikan tanaman agar tanaman hias semakin indah.

Penyiram

Penyiram adalah barang wajib yang harus dimiliki pegiat tanaman. Bagaimanapun air adalah kebutuhan utama tanaman dan menyiram tanaman adalah kegiatan yang paling sering dilakukan untuk tanaman. Jika tanamannya berjumlah banyak dapat menggunakan selang yang dilengkapi semprotan diujungnya. Untuk tanaman sensitif dan tak membutuhkan banyak air dapat menggunakan sprayer untuk tanaman.

Pot

Pot adalah hal yang penting bagi tanaman hias. Pot dapat berfungsi sebagai tempat tanaman tubuh dan berkembang. Pot juga menambah estetika bagi tanaman hias. Bagi yang ingin membudidayakan tanaman hias namun tak memiliki lahan yang luas maka dapat guankan pot ini. Dengan menggunakan pot tanaman nyaris dapat ditanam dimana saja.

Karena ini diperuntukan untuk budidaya maka siapkan pula pot polybag atau pot yang berukuran kecil untuk pembibitan dan penyemaian tanaman hias.

Sarung Tangan

Sebagian orang tak menyadari pentingnya sarung tangan dalam berkebun atau budidaya tanaman padahal sarung tangan dapat melindungi pemiliknya dari kotornya tanah, duri tanaman dan mencegah tangan lecet saat merawat tanaman.

Tangan yang terlindungi dengan sarung tangan dapat mencegah kuku menjadi kotor yang dapat menjadi sarang kuman yang berasal dari tanah. Jika anda hendak membudidayakan tanaman, sebaiknya gunakanlah sarung tangan.

pH Meter

pH meter adalah alat yang digunakan untuk mengukur tingkat keasaman tanah. Dengan alat ini maka seseorang dapat mengetahui tingkat kesuburan tanahnya. Jika pH meter menunjukan agka 7 maka itu berarti tanahnya dalam tingkat keasaman netral yang baik untuk tanaman. Namun jika pH meter menunjukan angka antara 0 - 6 itu menandakan bahwa tanah terlalu asam. Sebaliknya jika pH meter menunjukan angka 8 - 14 itu berarti tanah terlalu basa.

Media Tanam

Tentu saja media tanam adalah hal yang harus ada. Media tanam tanaman hias ada dua yaitu media tanam organik dan anorganik. Media tanam organik lebih umum digunakan dalam tanaman hias karena didalamnya langsung terkandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman. Diantara media tanam organik adalah arang sekam, serabut kelapa dan kompos. Sedangkan media tanam anorganik misalnya adalah pecahan batu-bata, vermin kulit, spons, gel, dan perlit.