kapan-&-amp;-cara-menolak-tautan-balik-di-2021

Kapan & amp; Cara Menolak Tautan Balik di 2021

Oleh: Tom Capper

Kapan & amp; Cara Menolak Tautan Balik di 2021

Pandangan penulis sepenuhnya adalah miliknya (tidak termasuk peristiwa hipnosis yang tidak mungkin terjadi) dan mungkin tidak selalu mencerminkan pandangan Moz.

Posting ini akan membahas langkah demi langkah bagaimana dan kapan harus menggunakan – dan kapan tidak untuk digunakan – Google Alat Penolak . Saya juga akan mengomentari tempat apa yang dimilikinya di toolset SEO di 2021, mengingat keraguan luas seputar kegunaannya yang sedang berlangsung.

Pertama, sedikit latar belakang. Alat Tolak diluncurkan akhir-akhir ini 2012, ke dalam ekosistem SEO yang sangat berbeda dari yang kami kerjakan saat ini. Itu pinguin pembaruan link-spam masih sangat baru, dan Tindakan Manual adalah hal biasa. Bekerja di agen SEO di 2013 dan 2014, saya ingat ini adalah sumber umum bisnis baru – situs yang telah bekerja dengan agensi yang kurang bereputasi dalam pekerjaan pembuatan tautan akan menerima pesan dari Google, dan semua atau sebagian dari situs mereka akan hilang dari hasil pencarian.

Mereka datang kepada kami untuk memperbaikinya, dan kami menelusuri portofolio tautan buruk mereka, mengerjakan file yang ditolak, dan terlibat dalam apa yang sering berlarut-larut, bertukar pesan dengan karyawan Google melalui Google Search Console (atau Alat Webmaster seperti dulu).

Yang sangat berbeda dibandingkan dengan lanskap saat ini adalah bahwa secara umum, jika Anda dihukum karena taktik membangun tautan, Anda diberi tahu secara eksplisit, dan implikasi taktisnya sangat jelas dan termasuk penggunaan Alat Tolak.

Saat ini, sangat, sangat jarang seseorang mendapatkan tindakan manual. Jika lalu lintas Anda turun, Anda tidak memiliki cara untuk mengetahui dengan pasti apakah itu karena beberapa alasan berbasis tautan, atau sesuatu yang lain sama sekali. Lalu lintas Anda mungkin benar-benar bangkit kembali dengan Pembaruan Inti berikutnya, meskipun Anda tidak melakukan apa-apa – itu adalah sesuatu yang saya lihat terjadi pada banyak situs. Situs berita Inggris, The Daily Mail, sangat bingung dengan pola ini menggugat Google lebih dari itu.

Jadi, dalam lanskap yang berbeda ini, apakah Alat Penolak seekor dinosaurus, atau masih relevan?

Apakah Alat Tolak masih berguna di 2021?

Kemacetan lalu lintas

Jadi sekarang, jika Anda mengalami penurunan traffic yang besar, tetapi Anda tidak memiliki tindakan manual, haruskah Anda menolak?

Google sepertinya mengatakan tidak. Di 2020, Marie Haynes bertanya John Mueller dari Google jika sebuah situs dapat melihat peningkatan lalu lintas setelah menggunakan Alat Tolak, meskipun situs tersebut tidak memiliki tindakan manual (yaitu pesan yang terlihat di Google Search Console.) John Mueller mengatakan bahwa manfaat seperti itu “sangat jarang”, yang pada dasarnya menunjukkan bahwa jika situs mendapatkan manfaat setelah penolakan, itu mungkin kasus korelasi daripada sebab akibat.

Ini didasarkan pada saran sebelumnya dari Google yang menyatakan bahwa algoritmanya sekarang cukup cerdas abaikan tautan buruk , daripada membutuhkan tindakan penalti.

Namun, jika Anda baru saja melihat penurunan lalu lintas yang besar, Anda mungkin ingin menutupi basis Anda dan mencoba segala sesuatu yang mungkin bekerja secara wajar, bukan? Langkah pertama yang masuk akal adalah melihat portofolio backlink Anda dan melihat apakah, secara umum, tampak mencurigakan. Tentu saja, setiap orang memiliki beberapa tautan buruk, tetapi apakah Anda sangat bergantung padanya? Apakah banyak dari mereka baru-baru ini? Moz sendiri Skor Spam adalah metrik yang sempurna untuk tugas ini jika Anda mengalami kebuntuan, dan ini pos memberikan panduan yang bagus.

Jika, setelah meninjau portofolio tautan Anda sendiri, Anda berpikir mungkin Anda memang pantas menerima penurunan lalu lintas, mungkin file penolakan tautan harus menjadi bagian dari rencana pembersihan Anda. Tapi ingat: jika Anda bergantung pada tautan yang meragukan, penolakan tersebut seharusnya menghapus tautan tersebut – artinya Anda harus menggantinya dengan tautan yang diperoleh dengan susah payah dan sah .

Penolakan proaktif

Bagaimana jika lalu lintas Anda baik-baik saja saat ini, tetapi Anda khawatir dengan kerangka di lemari? Mungkin Anda berpikir bahwa Anda (atau klien Anda) luar biasa mengetahui status portofolio tautan mereka, dan kecelakaan menunggu untuk terjadi? Atau mungkin Anda yakin seseorang membuat tautan yang tampak cerdik ke situs Anda dengan sengaja untuk melakukan kerusakan, atau hanya karena alasan yang tidak terkait yang akhirnya terlihat buruk?

Dalam kasus ini, Anda dapat mempertimbangkan penolakan proaktif, sekali lagi sebagai tindakan “berhati-hati”. Saya akan menyarankan sentuhan yang sangat ringan, karena di sini ada elemen “jangan perbaiki apa yang tidak rusak”, dan itu akan terlalu mudah untuk melakukan lebih banyak kerusakan daripada kebaikan.

Tautan mana yang harus saya tolak?

Saya tidak akan membahas terlalu banyak detail di sini, karena sudah ada Whiteboard Friday yang sangat bagus tentang topik: Apa yang Ditautkan ke Target dengan Alat Penolak Google .

Proses kasarnya bisa terlihat seperti ini:

  1. Gunakan Skor Spam untuk mempersempit analisis Anda pada link yang sangat Anda khawatirkan.

  2. Gunakan Excel, Google Sheets, atau yang serupa, untuk memprioritaskan beberapa tautan untuk tinjauan manual (jika situs menautkan ke Anda 10, 000 kali, Anda mungkin hanya perlu meninjau a segenggam untuk mendapatkan idenya!). Ingatlah pada tahap ini untuk memotong tautan apa pun yang nofollow, kedaluwarsa, 175 ed, atau tidak lagi melewati ekuitas.

  3. Periksa tautan yang Anda temukan, dan tanyakan pada diri Anda motif apa yang mungkin dimiliki penulis untuk menempatkannya. Jika Anda tidak dapat membayangkan alasan apa pun selain insentif keuangan atau keamanan situs yang disusupi, Anda mungkin ingin menolak tautan tersebut. Jika semua link dari domain tersebut terlihat seperti ini, Anda mungkin ingin menolak domain tersebut.

Gunakan Skor Spam untuk mempersempit analisis Anda pada link yang sangat Anda khawatirkan.

Setelah Anda mengetahui tautan dan domain mana yang ingin Anda tolak, Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya.

Cara memeriksa file penolakan Anda

Anda selalu dapat mengunduh file penolakan yang ada, selama Anda memiliki akses Google Search Console. Itu selalu merupakan ide yang baik untuk melihat apa isinya – pada saat ini banyak situs memiliki file sejarah penolakan, sering kali dengan komentar yang mengungkapkan alasan dan waktu setiap link awalnya ditambahkan.

Anda dapat menavigasi ke alat tersebut sini , dan pilih situs Anda dari tarik-turun. Perlu diketahui bahwa alat penolakan tautan sudah lama, sehingga tidak mendukung properti domain. Sebagai gantinya, Anda harus melihat awalan (mis. “Https://www.moz.com”, bukan hanya “moz.com”). Sangat mungkin bahwa file yang ditolak lama telah diupload pada era HTTP dan bukan HTTPS juga, jadi Anda harus memastikan HTTP: // dan HTTP: // WWW. properti diverifikasi.

Dapatkah saya menghapus tautan dari file yang ditolak?

Bagaimana jika Anda menemukan beberapa domain dalam file yang ditolak yang Anda yakin tidak seharusnya ada di sana? Saya telah beberapa kali mengalami situasi di mana saya menemukan file lama yang ditolak yang mungkin dibuat dengan sedikit panik, dan mungkin menolak beberapa tautan situs yang terbaik – dan terbersih. Dalam beberapa kasus, saya bahkan pernah melihat situs yang menolak diri .

Dalam kasus ini, saya telah memperbaiki kesalahannya, dan saya harus mengatakan bahwa saya tidak melihat peningkatan positif dari melakukannya. Yang menyisakan beberapa kemungkinan penjelasan:

1. Google tetap mengabaikan file sama sekali

atau

2. Setelah tautan ditolak, tidak ada cara untuk kembali

atau

3. Google mengabaikan entri yang jelas-jelas salah

atau

4. Bagaimanapun, situs ini tidak dalam posisi untuk mendapatkan keuntungan dari lebih banyak tautan

Ini menciak dari John Mueller di 2019 secara eksplisit mengesampingkan opsi 2, dan semacam itu menyiratkan opsi 1 juga tidak terjadi.

Kecurigaan saya, mengingat keakraban saya dengan kasus-kasus yang saya sebutkan di atas, adalah kombinasi dari jawaban 3, dan 4. Ini bukanlah situs yang umumnya kurang memiliki otoritas dibandingkan dengan rekan-rekan mereka (justru sebaliknya), tetapi saya berharap menolak diri Anda sendiri menjadi pukulan fatal jika itu memiliki efek sama sekali. Dua situs yang telah melakukan ini sama sekali belum mati, jadi saya rasa menyangkal diri sendiri tidak akan berpengaruh.

Jadi ya, Anda dapat menghapus link dari file yang ditolak.

Cara membuat file penolakan

File yang ditolak pada dasarnya hanyalah file teks (.txt atau .csv). Setiap baris dalam file teks harus berupa salah satu dari berikut ini:

  • Tautan yang ditolak, mis. https://example.com/dodgy

  • Domain yang ditolak (artinya setiap tautan dari domain ini hilang), mis. domain: example.com

  • Sebuah komentar (yang akan diabaikan Google, tetapi kolega Anda mungkin berguna di masa mendatang), mis. # Penyangkalan baru 2021 – 02 – 01

Berikut tampilan keduanya:

Beberapa catatan penting:

Anda dapat menolak subdomain.

Misalnya. domain: blog.example.com

Ini sangat berguna jika Anda memiliki tautan dari beberapa situs blogspot yang meragukan (mis. Dodgyblog.blogspot.com), tetapi Anda tidak ingin menolak setiap situs blogspot, meskipun semuanya berbagi domain (blogspot.com).

File yang ditolak harus UTF-8 atau 7-bit ASCII

Jika Anda membuat file yang ditolak dengan menempelkan dari Excel ke Notepad, misalnya, Anda harus menavigasi ke “Simpan Sebagai” dan memastikannya terlihat seperti ini:

Ukuran file maksimum adalah 2MB, atau 100, 000 baris

Saya pernah mendengar mantan karyawan Google menyarankan 10, 000 batas baris di masa lalu, tetapi saran resmi Google sendiri menunjukkan angka yang lebih besar dari 100, 000 baris.

Cara mengirimkan file penolakan

  1. Arahkan ke alat tersebut. Sekarang tidak mungkin untuk menavigasi ke Alat Tolak melalui Google Search Console. Sebagai gantinya, Anda perlu menavigasi ke https://search.google.com/search-console/disavow-links .

  2. Pilih situs yang ingin Anda tolak tautannya. Ingatlah bahwa Anda harus diverifikasi pada properti awalan yang relevan (mis. Https://moz.com, karena itu adalah versi yang diindeks dari situs ini – bukan http : //moz.com, https: // www. moz.com, dll.).

  3. Unggah file penolakan Anda. Bergantung pada apakah Anda sebelumnya memiliki file yang ditolak, Anda akan mendapatkan tombol yang bertuliskan “Unggah daftar yang ditolak” atau “Ganti”. Jika yang terakhir, pastikan Anda menyimpan salinan yang lama sebagai cadangan!

Menggunakan Alat Tolak setelah migrasi domain

Secara teori, Anda hanya perlu menolak domain target baru – tidak perlu kembali dan memperbarui file penolakan di properti lama yang sekarang 301 ke versi kanonis saat ini.

Misalnya, Moz tidak perlu memperbarui file penolakan tautan di:

  • http://moz.com

  • http://seomoz.org

Artinya, jika Anda sudah memiliki file penolakan yang Anda sukai, dan Anda sedang menjalani migrasi terencana, ada baiknya untuk membawanya dan mengupload ulang properti baru tersebut.

Menimbang risiko dan manfaatnya

Bahaya Alat Tolak adalah Anda tidak tahu tautan mana yang lebih berbahaya daripada baik – jika ada.

Selain itu, jika Anda benar-benar terlibat dalam praktik pembuatan tautan yang jahat, ada kemungkinan besar bahwa file penolakan membantu Google untuk membuat profil tautan yang Anda buat sebagai buruk, yang akan mempersulit Anda untuk sukses di proyek berikutnya.

Manfaatnya, sementara itu, tidak pasti, didokumentasikan dengan buruk, dan hampir tidak mungkin untuk diuji. Saya telah bekerja di situs dalam beberapa tahun terakhir yang secara proaktif menolak tautan dan kemudian melihat peningkatan, tetapi aktivitas SEO semacam ini tidak ada dalam ruang hampa – banyak Pembaruan Inti , perubahan pesaing, inisiatif pemasaran offline, dan konten baru datang dan pergi sementara itu.

Secara keseluruhan, saran saya adalah menggunakan Alat Tolak dengan hemat, dan dengan hati-hati. Jika Anda memiliki tautan yang Anda yakini tidak bermanfaat bagi Anda, pada akhirnya hal itu dapat membuat pikiran Anda lebih tenang jika Anda menolak daripada jika tidak.

Saya ingin sekali mendengar filosofi SEO lain tentang area abu-abu ini. Beri tahu saya pemikiran Anda di komentar di bawah.