6-langkah-untuk-menjalankan-strategi-pembersihan-seo-yang-efisien

6 Langkah untuk Menjalankan Strategi Pembersihan SEO yang Efisien

Oleh: John Allen

6 Langkah untuk Menjalankan Strategi Pembersihan SEO yang Efisien

Pandangan penulis sepenuhnya adalah miliknya (tidak termasuk peristiwa hipnosis yang tidak mungkin terjadi) dan mungkin tidak selalu mencerminkan pandangan Moz.

Jika Anda memiliki bisnis yang sukses, Anda mungkin menyadari bahwa situs web Anda berkembang secepat itu sebagai bisnis Anda. Posting blog, halaman produk, daftar e-commerce, halaman kontak – semuanya bertambah. Sebelum Anda menyadarinya, Anda memiliki ratusan demi ratusan laman, masing-masing dengan kumpulan masalah SEO yang perlu dikhawatirkan.

Dengan begitu banyak halaman yang harus dikelola, banyak hal dapat menjadi kacau dengan cepat. Tautan buruk dapat luput dari perhatian, struktur situs web menjadi berantakan, dan konten dapat dengan cepat menjadi tidak dioptimalkan. Semua ini dapat memengaruhi pengalaman pengunjung Anda dan memiliki konsekuensi nyata seperti peningkatan pantulan dan telusuri tingkat pengabaian .

Itulah mengapa pembersihan situs berkala sangat penting untuk menjaga koherensi, relevansi, dan kegunaan situs web.

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara berhasil menjalankan strategi pembersihan SEO untuk memastikan situs Anda sejalan dengan tujuan bisnis Anda, membuat Anda selalu mendapatkan informasi bagus dari Google, dan memberikan pengalaman pengguna yang luar biasa bagi pengunjung dan pelanggan. Ayo mulai!

6 langkah untuk menjalankan strategi pembersihan SEO Anda

Sebelum Anda memulai pembersihan SEO, Anda perlu mendapatkan ikhtisar dari situs web Anda. Bagaimana? Periksa situs Anda dengan audit situs. Ini akan memungkinkan Anda untuk mengevaluasi bagaimana situs web Anda terlihat dari sudut pandang mesin pencari.

Anda akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang cara mesin telusur menemukan, merayapi, dan mengindeks situs Anda. Audit situs akan memberi Anda titik awal untuk pembersihan Anda.

Ada banyak hal yang mungkin digali dan diidentifikasi oleh audit situs komprehensif. Dari deskripsi meta yang berulang hingga tautan rusak, audit situs akan mengungkapkan hal baik, buruk, dan buruk dalam hal SEO situs web Anda.

Dengan Moz Pro , Anda dapat melakukan audit situs untuk mengidentifikasi masalah SEO teknis dan masalah perayapan, serta merekomendasikan cara untuk meningkatkan dan memperbaiki masalah apa pun. Ini adalah tempat awal yang baik, dan setelah Anda tahu harus mulai dari mana, Anda dapat mengikuti enam langkah yang dapat ditindaklanjuti untuk membersihkan situs web Anda.

1. Bersihkan struktur situs Anda

Struktur situs Anda dapat membuat perbedaan besar dalam peringkat mesin telusur dan cara pelanggan berinteraksi dengan situs Anda.

Menu situs

Elemen struktural pertama yang kemungkinan berinteraksi dengan pengunjung adalah menu situs Anda. Idealnya, menu situs Anda harus menampilkan item tingkat atas dalam jumlah terbatas agar tetap fokus dan mudah dinavigasi. Anda tidak ingin membanjiri pengunjung pertama kali dengan menu situs yang rumit dan berantakan!

Kandungan

Hal penting lainnya untuk dipertimbangkan adalah konten Anda. Apakah saat ini sesuai dengan tujuan bisnis atau situs web Anda? Apakah situs web Anda memamerkan konten yang paling penting untuk misi Anda? Apakah mudah ditemukan?

Buat ikhtisar tentang konten yang Anda miliki, sehingga Anda bisa mendapatkan gambaran menyeluruh dari konten situs web Anda. Anda mungkin dapat membagi halaman Anda ke dalam kategori seperti blog, layanan, kontak, dan halaman produk Anda. Memisahkan laman web Anda ke dalam kategori yang relevan memungkinkan pengunjung dengan mudah menemukan konten yang mereka cari, dan menambahkan beberapa organisasi ke situs Anda, membuatnya lebih mudah untuk di-crawl – yang sangat bagus untuk SEO!

Ide lainnya adalah terhubung dengan pemangku kepentingan atau departemen terkait lainnya di perusahaan Anda. Anda dapat melakukan ini dengan menggunakan aplikasi seperti Skype atau alat komunikasi bisnis internal lainnya, dan meminta umpan balik mereka tentang konten saat ini. Mintalah pendapat dan saran mereka untuk perbaikan. Anda akan terkejut dengan wawasan berharga yang dapat muncul, terutama dari mereka yang melihat situs Anda dari sudut pandang orang luar.

Apa yang diungkapkan data itu?

Seperti semua hal pemasaran, pastikan struktur situs Anda bersih berbasis data . Gali data kinerja Anda untuk mengumpulkan wawasan yang mengungkap tentang situs web Anda. Lihatlah berapa banyak lalu lintas yang didapat halaman, dari mana lalu lintas ini berasal, dan bagaimana lalu lintas itu berperilaku ketika pengunjung mengakses situs web Anda.

Pertimbangkan di mana orang-orang kemungkinan akan berada dalam perjalanan mereka ketika mereka tiba di beranda Anda dan lakukan kurasi yang sesuai. Pastikan juga untuk menganalisis bagaimana orang berinteraksi dengan beranda Anda dengan melacak metrik utama seperti waktu di laman, rasio pentalan, dan kedalaman gulir, untuk melihat apakah pengunjung benar-benar mencapai konten terpenting Anda pada awalnya.

Sekarang mulailah membersihkan konten itu!

Berbekal wawasan dan informasi ini, Anda dapat mulai menghembuskan kehidupan baru ke dalam struktur situs Anda. Ide yang bagus adalah menyortir halaman web dan konten Anda ke dalam kategori dan mengaturnya berdasarkan relevansi, kepentingan, dan kinerja. Pastikan laman web di bagian atas hierarki dapat diakses melalui beranda Anda, sehingga pengunjung tidak perlu susah payah menemukannya.

Tentukan apa situs web Anda yang hilang, konten apa yang dapat ditingkatkan, dan apa yang dapat dihapus seluruhnya. Pemahaman bagaimana pengunjung menavigasi beranda Anda dan berinteraksi dengan laman web individual memberikan wawasan tentang bagaimana Anda dapat melayani pengunjung dan – semoga – pelanggan dengan lebih baik. Belum lagi, Google!

Ingatlah bahwa di dunia saat ini, ketika banyak organisasi seperti itu bertransformasi secara digital , pelanggan memiliki sumber daya dalam jumlah tak terbatas di ujung jari mereka. Anda perlu memastikan anda situs web menonjol dari yang lain. Ini berarti konten yang efektif harus berharga, relevan, dan seoptimal mungkin.

2. Identifikasi dan hapus tautan buruk

Apakah tautan buruk itu?

Sebelum kita mempelajari cara menghapusnya, mari kita pahami apa sebenarnya yang membuat tautan “buruk”.

Bagian “skema tautan” dari Pedoman Kualitas Google menyatakan:

“Tautan apa pun yang dimaksudkan untuk memanipulasi PageRank atau peringkat situs di hasil penelusuran Google dapat dianggap sebagai bagian dari skema tautan dan melanggar Pedoman Webmaster Google. Ini termasuk perilaku apa pun yang memanipulasi tautan ke situs Anda atau tautan keluar dari situs Anda. ”

Sederhananya, tautan buruk adalah salah satu yang melanggar pedoman Google. Ada beberapa hal yang tidak disukai Google, dan tautan buruk ke situs Anda adalah salah satunya. Tautan yang buruk dapat mengakibatkan hukuman dari Google yang akan memengaruhi peringkat Anda di laman hasil mesin telusur (SERP) dan, akibatnya, seluruh kinerja situs web Anda.

Kapan membangun tautan , penting untuk selalu mengetahui situs yang tertaut ke situs Anda, dan memahami apa yang menandakan baik atau tidaknya sebuah tautan. Beberapa jenis tautan akan membuat Anda mendapat masalah , termasuk dari rilis pers, jaringan blog pribadi, kumpulan tautan, dll.

Tautan yang bagus , di sisi lain, akan melakukan keajaiban untuk SEO dan otoritas situs web Anda. Contoh tautan yang baik mencakup tautan dari situs peringkat tinggi, tautan dari situs dalam industri Anda, dan tautan non-spam yang tidak diminta.

Tentu, ada tautan baik dan tautan buruk. Namun penting untuk diingat bahwa tautan tidak semuanya tentang SEO. Mereka harus – pertama dan terpenting – memberikan informasi berharga kepada pengunjung situs web Anda untuk meningkatkan pengalaman pengguna mereka.

Bagaimana menghapus tautan buruk

Setelah Anda mengidentifikasi tautan buruk yang merusak situs web Anda, ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan untuk menghapusnya.

Pertama, coba cari situs web yang menghosting tautan tersebut untuk menemukan informasi kontak mereka. Anda kemudian dapat meminta agar tautan tersebut dihapus secara langsung. Jika Anda tidak menerima balasan yang setuju untuk menghapus link atau melihat bahwa link tetap aktif, sekarang saatnya untuk mengambil tindakan lebih lanjut.

Jika Anda telah melakukan segala daya untuk menghapus tautan tetapi tidak berhasil, Anda bisa mengingkari URL halaman atau domain yang terhubung ke situs Anda. Mengingkari? Kedengarannya rumit, bukan? Jangan khawatir, kami akan memandu Anda.

Saat Anda menolak tautan, pada dasarnya Anda meminta Google untuk mengabaikan tautan tersebut ke domain situs web Anda. Jika permintaan Anda berhasil, tautan ini tidak akan dihitung sebagai kerugian Anda. Ingat: Google sangat pandai dalam hal tindakan pihak ketiga yang memengaruhi situs web, jadi menolak tautan harus menjadi pilihan terakhir.

Jika Anda merasa perlu untuk menolak tautan buruk, lanjutkan ke Alat Penolak Google untuk memulai. Prosesnya adalah sebagai berikut:

  • Tentukan link yang ingin Anda tolak.

  • Buat daftar penolakan Anda dan pastikan entri dipisahkan oleh URL atau domain.

  • Unggah daftar sebagai file .txt ke alat penolakan Google.

  • Menurut pedoman Google Search Console, Anda hanya boleh menolak tautan balik jika ada banyak tautan buruk ke situs Anda dan tautan telah atau kemungkinan besar akan menyebabkan tindakan manual dilakukan di situs Anda.

    3. Hapus atau redirect link rusak

    Tautan rusak mengacu pada tautan di situs web Anda yang mengarah ke laman yang tidak ada. Halaman tertaut dapat mengarah ke halaman yang tidak ada atau kedaluwarsa di situs web Anda sendiri atau eksternal. Mengkliknya menghasilkan 404 pesan kesalahan, seperti ini:

    Jika Anda telah melakukan audit situs, kemungkinan terungkap beberapa link yang rusak di situs Anda. Itu terjadi! Anda dapat dengan mudah menemukan tautan rusak ini dengan laporan Kesalahan Perayapan di Google Search Console atau fitur perayapan situs Moz Pro. Alat-alat ini akan memberi tahu Anda tautan mana yang kembali

    pesan.

    Tautan rusak dapat terjadi karena beberapa alasan:

    • URL link yang Anda masukkan salah

    • Halaman tertaut telah dihapus

    • Situs web eksternal yang ditautkan telah dihapus

    • Firewall membatasi akses ke situs web atau halaman yang ditautkan

    Apa pun alasannya, tautan rusak tidak menguntungkan situs Anda. Tautan yang rusak dapat mengurangi otoritas situs web Anda, membuat pengunjung frustrasi, dan dengan demikian memengaruhi peringkat mesin pencari Anda.

    Untungnya, memperbaikinya sederhana. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan:

    • Batalkan tautan teks

    • Perbaiki tautan jika ada kesalahan saat memasukkannya

    • Ganti link jika tujuan masih ada tapi sudah diubah

    • Buat pengalihan untuk tautan rusak berulang ke halaman di situs Anda (misalnya, Anda mengubah URL halaman kontak Anda, dan sekarang semua link ke halaman tersebut rusak)

    4. Optimalkan gambar

    Untuk menarik pengunjung, situs web Anda membutuhkan gambar. Aspek visual situs web terkadang sama pentingnya dengan informasi yang dibagikan, jadi gambar Anda harus ditampilkan dengan benar. Gambar juga merupakan cara yang bagus untuk lebih meningkatkan SEO situs Anda!

    Pertama-tama, kompres gambar di halaman Anda untuk meningkatkan kecepatan memuat. Kecepatan muat dapat membuat perbedaan besar dalam cara orang berinteraksi dengan situs Anda. Saat waktu muat halaman meningkat dari satu detik menjadi tiga detik, probabilitas pantulan meningkat drastis 26 % !

    Halaman yang membutuhkan waktu lebih lama untuk memuat menghasilkan hasil yang lebih tinggi tingkat bouncing , terutama untuk orang yang menjelajah di perangkat seluler. Jadi, memastikan situs web Anda memuat secepat mungkin sangat penting untuk menarik perhatian dan menjaga pengunjung.

    Ada beberapa plugin untuk WordPress yang memungkinkan Anda mengompres gambar dalam berbagai jenis file. Jika Anda menggunakan alat kompresor eksternal, Anda mungkin perlu mengunduh, mengompres, dan mengunggah ulang gambar.

    foto oleh cottonbro

    Setelah Anda berhasil melakukannya, Anda juga harus meluangkan waktu untuk memperbarui teks alt gambar. Teks alternatif adalah cara terbaik untuk memasukkan kata kunci ke dalam halaman dan meningkatkan SEO situs web Anda .

    Jika Anda menggunakan situs web seperti Shopify untuk manajemen produk, Anda dapat dengan mudah menambahkan teks alternatif ke gambar produk Anda atau media lain. Artinya, jika gambar tidak dapat dimuat karena alasan apa pun, teks alt yang ditampilkan. Ini juga merupakan alat yang digunakan untuk meningkatkan pengalaman orang-orang dengan gangguan penglihatan.

    5. Menghilangkan metadata duplikat

    Setiap tag judul dan Deskripsi meta harus unik, karena inilah yang muncul di hasil mesin pencari. Saat Anda menambahkan lebih banyak halaman ke situs web Anda, sangat mudah untuk mengakhiri metadata yang berulang. Anda mungkin memiliki tag judul yang sama, atau deskripsi meta yang terlalu mirip yang memengaruhi kualitas situs Anda, tanpa Anda sadari.

    Saat membersihkan SEO situs web Anda, menghilangkan metadata duplikat akan membantu meningkatkan peringkat Anda dan membawa Anda ke sisi baik Google. Jika Anda telah mengaudit situs Anda, data perayapan Anda akan mengungkapkan halaman mana yang menampilkan metadata duplikat.

    Siapkan spreadsheet dengan semua duplikat ini, dan luangkan waktu untuk menghasilkan tag judul dan deskripsi meta yang unik. Ini mungkin pekerjaan yang membosankan bagi siapa pun yang mendapatkannya, tetapi imbalan SEO akan membuat semuanya sepadan!

    Tag judul bisa dibilang elemen terpenting dari SEO pada halaman, jadi perhatikan baik-baik! Setiap tag judul harus asli, menggunakan hingga 65 karakter. Ini juga harus dimulai dengan tema kata kunci Anda (untuk mencerminkan maksud pencarian), dan diakhiri dengan situs web atau nama merek Anda.

    Deskripsi meta tidak selalu memengaruhi peringkat Anda, tetapi mereka memengaruhi rasio klik-tayang ke situs Anda – yang sama pentingnya dalam buku kami! Lagi pula, jika orang tidak benar-benar mengklik ke situs Anda, apa bedanya jika Anda berada di halaman pertama? Deskripsi meta harus menampilkan tema kata kunci Anda dan memberikan gambaran singkat tentang halaman tentang karakter.

    6. Periksa apakah semuanya bekerja

    Oke, yang ini mungkin tampak jelas, tetapi Anda akan terkejut betapa seringnya kami menganggap semuanya bekerja. Memastikan setiap elemen situs web Anda berfungsi penuh sangat penting untuk memastikan pengunjung Anda memiliki pengalaman yang baik (hebat!) Saat mereka mendarat di situs Anda.

    Jika bagian dari situs Anda tidak berfungsi seefektif yang seharusnya, hal itu dapat menyebabkan peningkatan rasio pentalan karena pengunjung menjadi frustrasi dan pergi sebelum mengambil tindakan yang diinginkan. Ini tidak akan turun baik dengan Google, dan sebagai hasilnya peringkat Anda akan terganggu.

    Buka setiap halaman untuk memastikannya berfungsi. Gunakan cobrowsing alat dengan kolega atau teman untuk memahami bagaimana pengalaman pelanggan di situs Anda. Uji fungsionalitas formulir kontak, pendaftaran, keranjang belanja e-niaga, pembayaran, dll. Dengan melakukan ini, Anda dapat mengidentifikasi elemen yang tidak berfungsi, atau dapat menggunakan perbaikan.

    Jadikan strategi pembersihan SEO Anda sebagai kejadian biasa

    Pikirkan situs web Anda sebagai rumah Anda. Anda tidak akan hanya membersihkannya setahun sekali, bukan? Kami harap tidak! Situs web Anda memerlukan pemeliharaan terus-menerus untuk selalu mengikuti pembaruan algoritme, menggeser permintaan konsumen, dan perkembangan dalam tujuan bisnis Anda.

    Jadikan pembersihan situs sebagai kejadian biasa. Jadwalkan pembersihan bulanan ( alat penjadwalan proyek dapat membantu!), sehingga tim pemasaran Anda dapat terus mengikuti praktik dinamis SEO dan menjaga situs web Anda tetap pada kinerja puncak. Alat seperti Google Analytics dan Moz menyediakan data yang akurat yang mencerminkan kinerja situs, dan dapat digunakan untuk menginformasikan strategi masa depan.

    Jika Anda menjadikan ini sebagai bagian dari rutinitas Anda, Anda akan melihat manfaat SEO melalui tautan berkualitas, peningkatan lalu lintas organik, dan pemirsa yang lebih puas. Kedengarannya bagus, bukan?