penerapan-seo-teknis-untuk-meningkatkan-dampak-kampanye-pembuatan-tautan-anda

Penerapan SEO Teknis untuk Meningkatkan Dampak Kampanye Pembuatan Tautan Anda


Oleh: Crystal Carter

Penerapan SEO Teknis untuk Meningkatkan Dampak Kampanye Pembuatan Tautan Anda

Pandangan penulis sepenuhnya adalah miliknya (tidak termasuk peristiwa hipnosis yang tidak mungkin terjadi) dan mungkin tidak selalu mencerminkan pandangan Moz.

Di blog ini, kami akan membahas beberapa dari SEO teknis penerapan yang dapat Anda gunakan untuk situs Anda sebelum, selama, dan setelah kampanye pembuatan tautan , untuk mengoptimalkan kinerja dan dampak jangka panjang dari setiap kampanye. Ini akan memungkinkan Anda untuk meningkatkan kinerja jangka pendek dan membangun manfaat jangka panjang dari ledakan minat dan perhatian merek yang terkonsentrasi.

Bangun strategi Anda seputar retensi pengguna baru

Saat melakukan kampanye pembuatan tautan, penting untuk diingat bahwa sebagian besar lalu lintas yang Anda hasilkan berasal dari pengguna pertama kali. Pengguna ini cenderung tidak menunggu konten yang lambat dimuat dan cenderung tidak akan kembali jika Anda tidak membuat kesan yang baik. Jadi, apakah kampanye Anda adalah dorongan PR yang berfokus pada merek, strategi penjangkauan yang berfokus pada konten, atau di antaranya, ada baiknya berinvestasi dalam kerangka kerja SEO teknis yang kuat yang membantu pengguna terhubung dan terlibat dengan merek Anda, untuk tahun-tahun mendatang.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari lalu lintas kampanye, pastikan bahwa pengguna dapat dengan lancar terhubung dan terlibat dengan situs Anda dari berbagai saluran dan sumber. Prioritas SEO Anda harus dibagi secara luas menjadi tugas-tugas yang mendorong kemampuan berbagi sosial, menciptakan peluang untuk keuntungan SEO di seluruh situs, dan memaksimalkan kelangsungan kampanye Anda sebagai bagian dari aktivitas pemasaran Anda yang lebih luas.

Mari jelajahi taktik SEO yang dapat Anda gunakan untuk mengoptimalkan dan meningkatkan kinerja kampanye pembuatan tautan Anda. Sebagai bagian dari kampanye Anda, Anda harus bertujuan untuk:

  • Tingkatkan kemudahan berbagi dengan membuat situs memuat lebih cepat dan menampilkan lebih konsisten untuk audiens yang sebagian besar seluler yang menemukan konten Anda melalui saluran media sosial.

  • Tingkatkan peluang untuk perolehan SEO di seluruh situs melalui pengoptimalan pada tautan internal, peningkatan pada indikator E-A-T, dan SEO pada halaman dari halaman arahan.

  • Optimalkan kelangsungan kampanye dengan meningkatkan pelacakan, integrasi saluran, dan perencanaan lalu lintas tautan jangka panjang.

Selain bagus untuk pengguna, pengoptimalan berbasis retensi juga efisien untuk dikelola karena dapat direncanakan dan ditempatkan jauh sebelum kampanye inti. Mereka juga berlaku untuk setiap jenis kampanye pembuatan tautan, dan bekerja bersama-sama dengan taktik manajemen tautan balik yang mendasar.

Letakkan dasar dengan audit backlink

Sebelum melakukan pekerjaan untuk mendapatkan tautan balik baru, lakukan audit tautan balik untuk data yang dapat ditindaklanjuti tentang jumlah tautan balik Anda yang ada dan kualitas perujuk Anda.

Dalam tahap perencanaan kampanye, konten populer yang diidentifikasi dalam audit Anda dapat memberi Anda wawasan strategis tentang jenis konten yang akan berkinerja baik dengan audiens dan jaringan Anda yang ada. Jumlah keseluruhan tautan akan memberi Anda tolok ukur yang berharga untuk membuktikan kinerja kampanye, dan kualitas serta distribusi tautan masuk Anda akan membantu tim Anda menetapkan target untuk perujuk, laman target, dan teks tautan mana yang akan memberi Anda manfaat paling banyak.

Gunakan alat audit backlink untuk mencari tahu:

  • Berapa banyak situs eksternal yang terhubung ke halaman Anda?

  • Situs eksternal mana yang terhubung ke halaman Anda?

  • Bagaimana kualitas profil backlink situs eksternal?

  • Halaman mana yang memiliki backlink eksternal?

  • Tautan balik mana yang diidentifikasi sebagai “kesalahan target” karena mereka pergi 404 halaman?

  • Tautan balik mana yang akan s halaman?

Gunakan alat audit tautan balik seperti Moz Pro Link Explorer untuk meninjau link Anda.

Jika tautan masuk Anda menyertakan sebagian besar tautan beracun atau berkualitas buruk, Anda mungkin ingin mengambil tindakan korektif seperti membuat dan mengirimkan daftar penolakan di Google Search Console sebelum kampanye dimulai dengan sungguh-sungguh. Tetapi jika tautan Anda memiliki kualitas yang layak, maka fokus Anda selanjutnya adalah mendapatkan kembali tautan yang rusak ke 404 dan kurangi tautan ke 301 halaman.

Urutkan tautan berdasarkan Kode Status atau Kesalahan untuk menemukan 404 s dan 301 d.

Mengapa Anda harus memperbaiki kesalahan navigasi tautan balik?

Anda harus memperbaiki kesalahan tautan balik ke 301 s dan 301 s untuk mendapatkan kembali nilai tautan dan membangun momentum menjelang kampanye Anda. Saat lalu lintas tiba di situs melalui 301 tautan pengalihan, Anda dapat kehilangan beberapa nilai PageRank dari koneksi itu dan menerima hampir nol nilai PageRank dari tautan yang mengarah ke 404. Memperbaiki tautan ini membangun kembali koneksi ini dan dapat membantu meningkatkan kinerja organik halaman target kampanye Anda dengan meningkatkan otoritas domain secara keseluruhan.

Peningkatan ini juga mengurangi waktu koneksi pengguna dan meningkatkan data pelacakan. Alat seperti Google Analytics mengalami kesulitan untuk mengaitkan sumber asli klik, sering kali menyebabkan lalu lintas rujukan salah dikaitkan sebagai langsung – yang kurang bermanfaat bagi pemasar yang ingin tahu siapa perujuk yang berkinerja terbaik.

Bagaimana cara memperbaiki kesalahan navigasi tautan balik?

Selama proses reklamasi tautan, Anda ingin memperbarui tautan ke yang terbaik bisa jadi URL baru. Untuk meningkatkan nilai tautan yang sudah Anda miliki, lakukan tindakan berikut:

  • Tetapkan 200 dialihkan ke “kesalahan target” backlink apa pun yang terjadi 301 halaman. Saat menetapkan halaman baru, coba cocokkan dengan konten yang disukai. Sebuah link lama ke halaman tentang “sepatu” tidak boleh diarahkan ke halaman tentang “hiu”, itu harus pergi ke halaman yang juga tentang sepatu.

  • Pastikan bahwa ada 301 ditautkan ke tujuan akhir. Jika memungkinkan, rantai pengalihan harus dihapus untuk mempertahankan nilai tautan sebanyak mungkin, mengurangi permintaan pada server, dan mengoptimalkan anggaran perayapan.

  • Di mana Anda memiliki kendali atas halaman penautan – misalnya, pada profil sosial, daftar direktori, situs proyek internal, atau situs mitra – perbarui 301 atau 404 tautan ke yang relevan) URL. Ini adalah sesuatu yang sering diabaikan, tetapi umum terjadi pada situs yang baru-baru ini mengadopsi HTTPS untuk memiliki tautan HTTP lama di profil dan daftar sosial mereka. Anda dapat dan harus memperbaruinya.

Meningkatkan tautan ini mempermudah bot untuk merayapi dan mengindeks situs Anda, meningkatkan kecepatan koneksi pengguna, dan memberikan lebih banyak konsistensi untuk perpesanan merek Anda sebelum Anda memulai aktivitas penjangkauan.

Pengoptimalan SEO untuk meningkatkan efektivitas berbagi sosial selama kampanye pembuatan tautan

Mengoptimalkan media sosial harus menjadi bagian penting dari strategi membangun tautan Anda karena media sosial berkeliling 25% lalu lintas rujukan situs web di seluruh dunia. Artinya, media sosial telah menjadi bagian inti dari promosi konten dan harus menjadi komponen yang diharapkan dari proses pembuatan tautan. Anda dapat mengoptimalkan untuk audiens yang memprioritaskan seluler ini dengan:

  • Mengamankan koneksi jaringan untuk mengurangi penundaan dari rujukan

  • Meningkatkan kecepatan halaman untuk ponsel

  • Memperbarui data grafik terbuka untuk meningkatkan kemudahan berbagi sosial

Tingkatkan keamanan untuk mengurangi penundaan koneksi

Keamanan adalah elemen SEO teknis yang sering kali terlalu disederhanakan. Iya, HTTPS adalah sinyal peringkat , tetapi banyak yang percaya ini dicapai hanya dengan mendapatkan sertifikat SSL. Itu adalah sebagian darinya – Anda memang membutuhkan SSL, tetapi itu baru permulaan.

Pengoptimalan keamanan sering kali melibatkan pembaruan sisi server yang dapat meningkatkan kecepatan dan kualitas koneksi Anda di seluruh web dengan menyederhanakan proses verifikasi keamanan.

Ini sangat penting untuk situs media sosial seperti Facebook, yang memiliki tingkat enkripsi dan keamanan yang tinggi serta ekspektasi yang sama tinggi untuk domain yang dirujuk. Lapisan keamanan dapat memperlambat waktu koneksi dan memengaruhi kepercayaan pengguna, jadi menginvestasikan waktu di sini dapat membantu kinerja kampanye secara keseluruhan.

Tingkatkan SSL Anda untuk mengurangi waktu koneksi

Tidak semua SSL sama, dan manfaat situs web aman melampaui pencapaian ikon gembok di bilah pencarian. Sertifikat SSL yang dioptimalkan akan menggunakan protokol keamanan lapisan transport terbaru dan bebas dari kesalahan.

Uji kualitas SSL Anda

Ada beberapa alat yang memungkinkan Anda memeriksa kinerja SSL yang ada. Tiap alat menjalankan diagnostik yang berbeda, jadi ada baiknya menjalankannya secara bersinggungan untuk mendapatkan gambaran lengkap tentang tempat tindakan harus diambil. Ada kemungkinan untuk melewati pemeriksaan pada satu alat dan bukan pada alat lainnya, jadi mengambil pendekatan berlapis akan menghasilkan hasil yang lebih baik.

Pertama, lakukan pemeriksaan SSL tingkat atas

Untuk snapshot cepat, jalankan situs Anda melalui Pemeriksa SSL dari SSL Shopper . Mereka memberi Anda daftar tanggal kadaluwarsa tingkat atas dan apakah SSL Anda dipercaya oleh semua browser web. Anda ingin semua tanda centang hijau di sini. Setiap kesalahan harus ditandai dan ditangani langsung dengan penerbit sertifikat Anda.

Sederhananya, rantai yang sehat akan memiliki semua panah hijau.

Menurut pengalaman saya, memperbaiki kesalahan di sini dapat berdampak pada kecepatan situs. Satu klien melihat hampir 70% pengurangan waktu koneksi server secara keseluruhan dan lebih 60% pengurangan Pemuatan Halaman Rata-rata di Chrome dengan menyelesaikan masalah rantai.

Contoh dampak dari Pembaruan Sertifikat SSL.

Jalankan diagnostik lengkap

Menggunakan Uji Server SSL , Anda bisa mendapatkan diagnosis yang lebih mendetail dari konfigurasi keamanan Anda. Tes ini memberi situs Anda nilai dan menilai berbagai indikator keamanan. Untuk mendukung kampanye pembuatan tautan, Anda ingin mengonfirmasi bahwa server Anda menjalankan protokol Transport Layer Security (TLS) “modern”, khususnya TLS 1.2 dan idealnya TLS 1.3.

Uji protokol keamanan Anda

TLS 1.3 mulai digunakan di sekitar 2018 dan sejak itu menjadi protokol koneksi yang lebih disukai untuk CDN skala besar dan sistem operasi. Tidak hanya lebih aman, tetapi TLS 1.3 dapat meningkatkan latensi koneksi sekitar 45% dengan menghapus langkah-langkah koneksi jaringan.

Cloudflare , Facebook , dan Android gunakan protokol ini sebagai default, dan peningkatan yang cocok untuk situs Anda dapat meningkatkan kinerja untuk sejumlah besar pengguna web. Sebagai titik referensi, Cloudflare sendiri digunakan oleh sekitar 16% dari semua situs web di seluruh dunia dan 81% pengguna CDN , jadi meningkatkan TLS Anda dapat membantu lebih banyak pengguna untuk mengakses situs Anda dengan cepat dari setiap tautan baru (dan yang sudah ada).

Peningkatan kecepatan

Dengan diperkenalkannya Situs Web Inti Google , metrik kecepatan, dan pembaruan algoritme yang akan datang memberikan penekanan tambahan pada waktu pemuatan laman seluler secara umum. Dalam kampanye pembuatan tautan, Anda dapat melihat lonjakan lalu lintas ke satu halaman. Tapi Google mengawasi, dan jika halaman Anda tidak memberikan UX berkualitas tinggi seperti yang diukur oleh CWV setidaknya 75% pengguna, lalu lintas ini dapat memengaruhi peringkat halaman Anda.

Pantau halaman target Anda di GA dan Search Console untuk mengidentifikasi tantangan apa pun yang harus ditangani.

Buka tag meta Grafik

Pembagian sosial hampir pasti akan menjadi bagian dari kampanye membangun tautan Anda – dengan alasan yang bagus. Dengan pembaruan pada tag Open Graph (OG), Anda dapat menyesuaikan tag Anda untuk rendering dan kinerja yang lebih baik.

Optimalkan dan sesuaikan tag meta OG untuk kiriman sosial.

Jika gambar pahlawan untuk laman Anda tidak muncul saat Anda mengeposkan tautan ke media sosial, Anda perlu memperbarui tag meta OG Anda. Bisa jadi halaman Anda tidak memiliki tag, atau kolom tidak terisi secara otomatis. Dalam kedua kasus tersebut, ini adalah sesuatu yang dapat Anda perbaiki.

Menggunakan validator pos untuk Facebook , LinkedIn , dan Indonesia , Anda dapat memeriksa setiap halaman untuk kinerja.

Debugger Berbagi Facebook

Dalam skala besar, Anda bisa menggunakan Ekstraksi Xpath Kustom di Screaming Frog untuk merayapi situs Anda. Kemudian tinjau situs Anda untuk regex terbaik untuk mengisi bidang secara otomatis, dan beri tahu tim pengembang Anda untuk memperbarui yang sesuai.

Ciptakan peluang untuk pertumbuhan organik di seluruh situs

Kampanye pembuatan tautan Anda dapat membawa manfaat ke laman lain di situs Anda dengan perencanaan yang cermat.

SEO pada halaman

Apakah kampanye pembuatan tautan Anda didasarkan pada halaman arahan kampanye jangka pendek, karya kepemimpinan pemikiran, atau layanan inti, SEO pada halaman Anda harus dioptimalkan untuk mendorong lalu lintas organik juga.

Ini karena manusia melupakan banyak hal.

Jadi, meskipun pengguna dapat menemukan kampanye atau promosi melalui aktivitas pembuatan tautan langsung, mereka juga dapat menemukannya lagi atau mencarinya untuk mentransfer buzz offline apa pun ke dalam pengetahuan online.

Halaman target Anda harus didukung oleh SEO pada halaman yang solid yang mencakup:

  • Konten dengan kata kunci yang dioptimalkan dengan H1 dan H2s

  • Gambar relevan yang dioptimalkan dengan teks alt, judul, dan data terstruktur

  • Metadata yang dioptimalkan untuk kata kunci kampanye

Tautan internal

Jika Anda menerima backlink menarik dari sumber yang relevan, jangan biarkan manfaatnya berhenti di satu halaman. Pastikan bahwa halaman target Anda memiliki tautan ke konten lain yang relevan di seluruh situs Anda yang akan membuat pengguna terus kembali.

Buat link dari halaman target Anda

Petakan tautan internal Anda untuk memastikan bahwa setiap halaman yang digunakan sebagai halaman arahan backlink menyertakan tautan ke halaman bertema serupa di situs Anda. Anda akan mendapatkan manfaat SEO paling banyak jika struktur tautan internal Anda menyertakan tautan ke halaman dengan:

  • Pengoptimalan untuk kata kunci yang mirip secara leksikografis

  • Folder induk yang relevan

  • Otoritas yang baik atau rasio pentalan rendah

  • 97 tanggapan kode untuk perayapan maksimum

Hal ini memungkinkan pengguna dan perayap web yang diaktifkan untuk penelusuran bahasa alami untuk memahami bahwa konten Anda adalah bagian dari bank pengetahuan dan keahlian yang lebih luas. Ini juga membuat pengguna lebih mungkin kembali ke konten lain di situs Anda di masa mendatang.

Buat link ke halaman target Anda untuk pengindeksan yang lebih baik

Tautan internal berfungsi dua arah, jadi jangan lupa untuk membuat tautan internal ke konten kampanye. Untuk kampanye jangka pendek, terkadang pemasar membuat laman landas kampanye yang dipesan lebih dahulu dengan tautan minimal di seluruh situs yang lebih luas.

Hal ini dapat mengakibatkan pengindeksan yang lebih lambat untuk halaman kampanye, sehingga lebih sulit bagi pengguna untuk menemukan Anda melalui penelusuran. Untuk mengatasinya, buat postingan blog bergaya pengumuman yang menautkan ke halaman target kampanye. Dengan cara ini, kedua halaman dapat dimasukkan ke dalam peta situs yang diperbarui dan dikirimkan untuk pengindeksan.

Contoh Halaman Arahan dan Blog Pengumuman

Optimasi E-A-T

Seperti disebutkan sebelumnya, manusia mungkin tidak mengingat setiap detail halaman target kampanye Anda saat mereka mencoba menemukannya lagi. Namun, mereka mungkin mengingat orang yang membagikan, membuat, atau diunggulkan dalam konten. Jadi sertakan informasi tentang tim di balik konten atau kampanye untuk membangun Keahlian, Otoritas, dan Kepercayaan untuk merek Anda, dan meningkatkan dampak dari pembagian sosial. Ini sangat berguna untuk kampanye kepemimpinan pemikiran, di mana sinyal keahlian seperti biografi penulis dapat dioptimalkan dengan data terstruktur.

Untuk kampanye jangka pendek seperti untuk acara atau produk baru, termasuk indikator kepercayaan seperti ulasan dinamis dapat membantu dengan konversi.

Mengoptimalkan kelangsungan kampanye

Anda tidak membangun tautan demi tautan. Anda melakukannya untuk memenuhi tujuan bisnis yang lebih luas seperti mendorong penjualan, meningkatkan pangsa pasar, atau menghasilkan prospek.

Tinjau dan sesuaikan pelacakan

Setelah Anda membuat tautan, lalu lintas ke laman target Anda menjadi peluang untuk menghasilkan data berharga untuk corong konversi Anda. Pelacakan Anda harus dirancang untuk memberi Anda data yang mendukung tujuan bisnis Anda secara keseluruhan.

Selama kampanye Anda, Anda harus mengingat tujuan bisnis Anda dan memahami bagaimana halaman target Anda berkontribusi pada tujuan tersebut. Perbarui pelacakan untuk halaman target Anda untuk menyertakan metrik yang sesuai dengan tujuan dan jenis konten Anda. Pengguna mengunjungi kaya data 5, 000 – Laporan industri kata berada pada tahap yang berbeda dalam corong pelanggan daripada mereka yang mengunjungi dari direktori ceruk yang berkualitas.

Membuat metrik halaman target juga dapat membantu dengan KPI, pelaporan, dan pembuktian ROI kampanye, yang dipuja oleh klien dan manajer.

Integrasi saluran

Setelah metrik bisnis Anda diterapkan, gunakan data yang telah Anda kumpulkan dari lalu lintas tautan untuk menginformasikan kinerja di saluran lain. Sebagai contoh:

  • Kedalaman gulir Data dari pengguna yang mengakses konten berkualitas tinggi dapat digunakan untuk memasarkan ulang konten di YouTube atau menampilkan iklan.

  • Data demografis dari pengguna yang mengunjungi konten khusus “bulan kesadaran” yang relevan dapat meningkatkan penargetan audiens untuk iklan atau aktivitas PR di sekitar topik yang sama.

  • Pendaftaran email untuk acara penjangkauan dapat ditambahkan ke Facebook sebagai pemirsa Khusus dan Serupa untuk lebih banyak konversi langsung.

Sebagai SEO teknis, perhatikan potensi penggunaan data pelanggan oleh tim Anda sehingga Anda dapat mengelola tag dan integrasi skrip ke dalam situs secara keseluruhan. Alat pelacakan seperti Facebook Pixel dan Google Tag Manager cenderung membutuhkan aktif manajemen javascript pihak ketiga . Uji dan optimalkan skrip baru apa pun sebelum kampanye Anda berjalan.

Merencanakan lalu lintas tautan jangka panjang

Pertimbangkan siklus hidup halaman target kampanye pembuatan tautan Anda.

Idealnya, Anda ingin mengarahkan lalu lintas ke URL yang dapat bertambah otoritas halaman lembur. Jika Anda menghabiskan waktu membuat lalu lintas untuk URL yang perlu diubah segera setelah kampanye berakhir, pada akhirnya Anda akan mengarahkan lalu lintas ke 301 tautan. Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, ini tidak memberikan nilai PageRank untuk situs Anda sebanyak yang aktif 200 tidak.

Jadi, rencanakan cara untuk mempertahankan URL aktif yang konsisten untuk jangka waktu yang lama. Bergantung pada strategi membangun tautan Anda, Anda mungkin dapat menggunakan salah satu teknik berikut:

  • Gunakan URL evergreen untuk konten jangka panjang: Kepemimpinan pemikiran, konten landasan seperti buku putih, atau laporan satu kali kemungkinan akan tetap ada di situs Anda untuk waktu yang lama. Untuk konten ini, pertimbangkan untuk menghapus tanggal dari URL Anda untuk membuat konten lebih menarik, karena hal ini memungkinkan konten untuk diperbarui dan mengurangi persyaratan pengalihan di masa mendatang.

  • Buat halaman permanen untuk kampanye berulang: Halaman arahan untuk konten penjangkauan berulang seperti sponsor acara tahunan atau kampanye kesadaran harus menjadi bagian dari navigasi permanen. Ini memungkinkan Anda untuk membangun tautan setiap tahun ke halaman statis yang dioptimalkan dengan baik, diperbarui setiap tahun, daripada memulai dari awal dengan blog ke URL yang berbeda setiap tahun.

  • Hindari membuat tautan ke PDF: Masukkan sumber daya yang dapat diunduh ke halaman arahan HTML dan buat tautan ke halaman itu. Tautan ke PDF mungkin sulit untuk dialihkan karena cara mereka dikonfigurasi di file htaccess Anda.

  • Rencanakan pengalihan yang tidak dapat dihindari: Untuk kampanye jangka pendek seperti promosi penjualan, rencanakan halaman mana yang akan menjadi halaman permanen. Sertakan salinan umum di kedua domain untuk membantu Google memahami bahwa ini bukan lunak 404.

Singkatnya

SEO Teknis dapat membantu Anda mendapatkan dan mempertahankan tautan balik, terhubung dengan pengguna seluler, dan meningkatkan kualitas koneksi Anda saat Anda:

  • Koneksi jaringan yang aman untuk mengurangi penundaan dari rujukan

  • Tingkatkan kecepatan halaman untuk pengguna seluler

  • Perbarui data grafik terbuka untuk meningkatkan kemudahan berbagi sosial

  • Perbarui SEO di halaman

  • Optimalkan tautan internal

  • Sertakan pengoptimalan E-A-T

  • Sesuaikan pelacakan

  • Rencanakan integrasi saluran

  • Rencanakan lalu lintas tautan jangka panjang

Taktik ini akan membantu tautan yang Anda bangun untuk menambah nilai bagi pelanggan Anda, peringkat Anda, dan bisnis Anda selama bertahun-tahun yang akan datang.