6-kesalahpahaman-umum-tentang-fitur-serp-google-dalam-seo

6 Kesalahpahaman Umum tentang Fitur SERP Google dalam SEO

Oleh: Brodie Clark

6 Kesalahpahaman Umum tentang Fitur SERP Google dalam SEO

Mesin pencari

Pandangan penulis sepenuhnya adalah miliknya (tidak termasuk peristiwa hipnosis yang tidak mungkin terjadi) dan mungkin tidak selalu mencerminkan pandangan Moz.

Sebagai profesional SEO, kita dapat dengan mudah tertinggal di halaman hasil mesin pencari Google terbaru ( SERP ) fitur. Pembaruan yang sering dilakukan membuat kami tetap waspada, dan juga membuat pekerjaan kami tetap menarik.

Baru-baru ini, saya bekerja sama dengan sesama penulis Moz dan SEO yang serba bisa, Izzi Smith , untuk membuat serial kuis SEO baru bernama “SERP Pursuit”. Kuisnya masih terbuka, jika Anda mau uji pengetahuan Anda fitur SERP Google.

Hasil dari kuis ini adalah kumpulan wawasan dari komunitas SEO tentang berbagai topik fitur SERP, termasuk pertanyaan yang mungkin membuat peserta kesulitan atau menjadi bingung.

Terima kasih kepada semua orang yang telah berbagi dan berpartisipasi dalam kuis! Pertanyaan teratas dalam rangkaian yang diterima 825 jawaban – memberikan ukuran sampel yang kuat. Untuk setiap pertanyaan, ukuran sampel telah disertakan bersama pertanyaan.

Enam kesalahpahaman umum yang ditemukan dalam data kami terkait dengan data terstruktur (dalam istilah schema.org ), Cuplikan Unggulan, daftar tab Belanja tidak berbayar (sekarang disebut sebagai “daftar produk gratis”), dan juga Kisah Web.

Berikut pertanyaan-pertanyaannya, jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut, beserta penjelasan lebih lanjut yang menjelaskan mengapa jawaban yang benar seperti itu.

1. Berapa jumlah maksimum hasil kaya FAQ dan skema Petunjuk Cara yang dapat muncul di halaman pertama Google?

Jumlah maksimum hasil kaya skema FAQ dan How-To yang dapat muncul di halaman pertama Google adalah tiga. Ini sudah terbukti untuk keduanya Skema FAQ dan Skema How-To hasil kaya di hasil penelusuran seluler dan desktop. Pemfilteran akan terjadi jika kurang dari tiga hasil kaya yang memenuhi syarat.

Menurut contoh pertanyaan kami dari 775 jawaban , jawaban paling populer di 39% adalah bahwa tidak ada batasan untuk FAQ dan hasil kaya How-To (salah). Jawaban yang benar dari “3” dipilih oleh 34% responden.

Peserta mungkin tertarik pada tanggapan “tanpa batas” karena ini secara historis merupakan jawaban untuk hasil kaya selain FAQ dan skema Petunjuk Cara. Misalnya, cuplikan ulasan dengan skema Produk tidak memiliki batasan terkait halaman hasil Google yang dapat menampilkannya, atau jumlah yang dapat muncul pada waktu yang sama.

Namun, saya senang melihat jumlah peserta yang memberikan jawaban yang benar, karena ini adalah topik yang telah saya tulis secara ekstensif selama beberapa tahun terakhir. Pemfilteran adalah alasan yang sangat umum untuk hasil kaya FAQ dan How-To tidak muncul, dan menyadari batasannya dapat menjadi penghemat waktu yang besar untuk pemecahan masalah.

2. Apakah mungkin memiliki terlalu banyak markup data terstruktur pada satu halaman?

Tidak, itu itu tidak mungkin memiliki terlalu banyak data terstruktur di satu halaman. Tetapi hanya karena tidak ada dampak dari Google untuk penggunaan yang berlebihan, waktu sering kali lebih baik dihabiskan di tempat lain. Pada akhirnya, Anda harus fokus pada apa yang memberi nilai pada situs Anda: menggunakan skema yang valid berisi informasi yang digunakan oleh Google.

Menurut contoh pertanyaan kami dari 527 jawaban, jawaban paling populer di 55% adalah kemungkinan memiliki terlalu banyak data terstruktur dalam satu halaman (jawaban salah). Jawaban yang benar dari “Salah” dipilih oleh 45% responden.

Pertanyaan ini adalah pertanyaan yang turun ke semantik, tetapi menyebabkan kebingungan di antara komunitas SEO. Dalam konteks SEO, ada tidak ada faktor peringkat umum terkait dengan penggunaan data terstruktur. Namun menggunakan jenis skema yang tepat, dengan penyebaran penggunaan yang baik, dapat memberikan hasil yang relevan bagi pengguna. Ada baiknya juga untuk mengingat apa yang menghasilkan dan tidak menghasilkan hasil yang kaya.

Sebagian besar, menurut pendapat saya, data terstruktur tidak boleh menjadi tugas yang membutuhkan investasi waktu yang signifikan dan teratur. Jika menggunakan WordPress, ada alat seperti Yoast yang telah menyelesaikan banyak masalah data terstruktur yang sedang dihadapi oleh situs. Plugin mereka memberi Google banyak sinyal data terstruktur, tanpa investasi waktu yang lama (harus dihindari).

3. Apakah data terstruktur (dalam konteks schema.org) digunakan untuk membuat Cuplikan Unggulan di Google?

Tidak, data terstruktur (dalam konteks schema.org) adalah tidak digunakan untuk membuat Cuplikan Unggulan di Google. Namun, struktur konten pada halaman sering kali menjadi faktor penyebab. Sistem Google menentukan apakah konten cocok atau tidak untuk disertakan dalam Cuplikan Unggulan.

Menurut contoh pertanyaan kami dari 579 jawaban, jawaban paling populer di 52% adalah bahwa data terstruktur digunakan untuk menghasilkan Cuplikan Unggulan (jawaban salah). Jawaban yang benar dari “Salah” dipilih oleh 48% responden.

Kesalahpahaman tentang data terstruktur yang memengaruhi Cuplikan Unggulan adalah salah satu yang sering saya temui. Ini sering kali didasarkan pada eksperimen di mana data terstruktur ditambahkan ke halaman dan melihat halaman tersebut kemudian ditambahkan ke Cuplikan Unggulan. Dengan pemahaman tentang bagaimana Cuplikan Unggulan beroperasi, hubungan ini tidak masuk akal, bahkan sebagai faktor penyebab.

Di artikel terakhir saya yang saya tulis untuk Moz, saya menunjukkan bagaimana beberapa situs dapat dicegah dari peringkat dalam Featured Snippet. Ini menunjukkan kerumitan seputar bagaimana konten disajikan secara mencolok di bagian atas hasil penelusuran Google, tetapi data terstruktur yang berulang kali disebutkan oleh Google tidak memengaruhi Cuplikan Unggulan sejauh 2015 .

4. Dalam skenario mana teks kuning akan disorot dan fungsionalitas gulir ke terpicu setelah hasil Cuplikan Unggulan diklik?

Saat ini, scroll-to-text hanya akan terpicu untuk Featured Snippet di Google dalam dua skenario terpisah. Yang pertama adalah saat browser Chrome digunakan (di seluler dan desktop), dan juga saat URL dibuat menggunakan Accelerated Mobile Pages (AMP) di perangkat seluler dengan browser apa pun yang digunakan.

Menurut sampel kuis kami dari 527 jawaban, jawaban paling populer di 48% adalah jawaban yang benar di kuis. Jawaban terdekat untuk ini, menyebutkan bahwa ini hanya akan terjadi di Chrome di desktop, dipilih oleh 36% responden.

Meskipun persentase tertinggi dari responden menjawab pertanyaan ini dengan benar, saya yakin masih bermanfaat untuk dibahas karena tidak lebih dari setengah responden. Sorotan Cuplikan Unggulan telah berlangsung sejauh Desember 2019 , tetapi awalnya khusus untuk halaman yang dibuat dengan AMP.

Scroll-to-text telah menjadi tambahan yang menarik untuk pencarian. Kami melihat ekspansi bertahap ke penggunaan melalui Chrome , untuk wawasan secara sporadis muncul di Google Search Console , dan kini terlihat lebih dari sekadar Cuplikan Unggulan dengan beberapa Panel Pengetahuan dan ulasan editorial di dalamnya beberapa daftar produk gratis .

5. Dengan listingan tab Google Shopping yang belum dibayar, apakah feed produk dikirimkan melalui Merchant Center dan data terstruktur digunakan sebagai masukan?

Cantuman belum berbayar yang muncul di tab Belanja Google hanya didasarkan pada data yang dikirimkan melalui umpan produk di Merchant Center. Dukungan awalnya untuk feed produk dan juga data terstruktur, tetapi Google dokumentasi telah diperbarui pada bulan Mei 2020 menjadi umpan produk eksklusif.

Menurut contoh pertanyaan kami dari 468 jawaban, jawaban paling populer di 78% adalah umpan produk dan Data Terstruktur digunakan sebagai masukan (jawaban salah). Jawaban yang benar dari “Salah” hanya dipilih oleh 22% responden.

Dari semua pertanyaan di kuis, pertanyaan inilah yang paling banyak membuat responden tersandung. Sebelum Mei 2020, keduanya merupakan umpan produk dan data terstruktur digunakan sebagai masukan untuk listingan tab Shopping yang tidak dibayar. Karena ini hanya ditampilkan sebagai perubahan dalam dokumentasi Google, dan disertakan sebagai pengumuman asli, saya dapat melihat bagaimana hal ini dapat membingungkan responden.

SEBUAH pengumuman terbaru dari Google mengubah penamaan dari “muncul di seluruh Google” menjadi “listingan produk gratis” atau “listingan gratis”, yang juga perlu diperhatikan untuk fitur ini. Namun jika Anda pernah mencoba memecahkan masalah yang terkait dengan “listingan gratis” dalam tab Shopping, habiskan waktu Anda untuk menyelidiki data Merchant Center Anda, bukan data terstruktur produk Anda.

6. Terkait hasil kaya, apakah Kisah Web membuat hasil penelusuran Anda lebih menonjol di desktop dan seluler?

Meskipun Kisah Web Google adalah fitur yang dapat diberi peringkat di hasil penelusuran seluler dan desktop, elemen hasil kaya hanya berfungsi di seluler. Dengan menggunakan Pengujian AMP, yang sekarang memiliki dukungan untuk Cerita Web, Anda dapat melihat pratinjau bagaimana hasil kaya Kisah Web Anda akan muncul di perangkat seluler.

Menurut contoh pertanyaan kami dari 407 jawaban, jawaban paling populer di 69% adalah hasil kaya Kisah Web ditampilkan di desktop dan seluler (jawaban salah). Jawaban yang benar dari “Salah” dipilih oleh 31% responden.

Saat Kisah Web muncul di hasil penelusuran Google saat menggunakan perangkat desktop, itu bisa menjadi… pengalaman yang aneh bagi pengguna. Mereka memilih hasilnya, lalu tiba-tiba terlempar ke dalam pengalaman Kisah Web layar penuh yang imersif. Ini tanpa perintah untuk pengguna (karena URL terlihat seperti daftar pencarian web standar), yang merupakan UX yang masih perlu ditangani oleh Google.

Kisah Web adalah format menarik yang layak untuk diujicobakan dengan mempertimbangkan manfaat hasil kaya di seluler karena lebih menonjol, dan juga keunggulannya sering diberikan dalam Discover Feed Google. Saya telah menulis tentang beberapa tips SEO Cerita Web untuk diingat penerbit saat membuatnya dengan plugin Google.

Pikiran terakhir

Pertanyaan-pertanyaan yang tercakup dalam posting ini adalah area teratas di mana responden kuis kami berjuang paling banyak terkait dengan data terstruktur, Cuplikan Unggulan, daftar produk gratis, dan Cerita Web. Jika beberapa pertanyaan fitur SERP ini membuat Anda bingung, jangan terlalu keras pada diri sendiri, gunakan saja ini sebagai kesempatan untuk meningkatkan pemahaman Anda!

Memaku area yang disebutkan dalam posting ini adalah awal yang baik untuk memperluas pengetahuan fitur SERP Google Anda. Fitur SERP sering berubah di Google. Jika Anda ingin terus mengetahui perubahan terbaru pada dokumentasi Google, saya sangat menyarankan untuk membuat bookmark halaman ini , yang menampilkan perubahan penting saat dibuat.